Cara Merawat Alat Musik Saxophone

Alat Musik Alat Musik

Saxophone merupakan alat musik yang masih tergolong dalam keluarga wood wind instrument, alat musik ini biasanya terbuat dari logam berwarna perak dan emas, dimainkan menggunakan single – reed seperti Clarinet. Saxophone pada awalnya ditujukan sebagai instrumen band orchestra dan band militer,  akan tetapi pada saat ini lebih sering dihubungkan dengan popular music, big band dan musik jazz.

Beberapa pemain saxophone internasional yang namanya sudah tidak asing lagi namanya di antaranya adalah Kenny G, Dave Koz, Eric Marienthal, Richard Elliot, Sadao Watanabe, Kirk Whalum, Kenny Garrett dan dari Indonesia adalah Embong Rahardjo (alm), Didiek S.S.S, Paulus Cucuripet dan Kenny Joe.
Seperti halnya dengan alat musik yang lain, Saxophone juga membutuhkan perawatan yang baik dan berkala agar alat musik tersebut tetap terjaga kualitas suaranya, dan terhindar dari kerusakan yang fatal. PT. Yamaha  Musik Indonesia Distributor sebagai distributor alat musik utama di Indonesia memberikan tips bagaimana cara merawat alat musik tersebut agar para pemakai alat musik dengan merk Yamaha dapat menjaga sendiri alat musiknya dengan baik, berikut tips merawat Saxophone :

1. Sebelum memainkan alat musik saxophone, oleskan terlebih dahulu Neck Cork dengan menggunakan cork grease merk yamaha. Tujuannya adalah agar supaya lebih mudah memasang mouthpiece ke neck cork.

2. Setiap kali saxophone selesai dimainkan, bersihkan bagian dalam body dengan menggunakan sax monster swab. Bersihkan secara berulang –ulang sampai bagian dalam body kering.

3. Bersihkan bagian dalam neck dengan menggunakan sax neck brush sampai bagian dalam neck benar – benar kering. Bersihkan bagia tone hole neck dengan menggunakan tone hole cleaner.

4.  Bersihkan bagian permukaan pad dengan menggunakan powder paper atau cleaning paper merk Yamaha . Caranya tempelkan powder paper pada tone hole . lalu tekan key , tarik powder paper perlahan – lahan , lakukan terus berulang –ulang sampai pad tidak lembab lagi.

5.  Berikan pelumas pada key post, dengan menggunakan key oil tujuannya agar gerakan key tetap lancar  ( tidak noise ).

6.  Bersihkan body dan neck saxophone dengan menggunakan cairan silver polish untuk saxophone warna perak atau lacquer polish untuk saxophone warna emas dengan memakai kain lap yang lembut seperti polishing cloth.

7. Bersihkan mouthpiece saxophone dengan menggunakan mouthpiece cleaner dan kain lap polishing cloth.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*